Friday, September 2, 2011

Refashion: Mempercantik T-shirt hitam

Aku sudah cerita bahwa sebagian besar pakaianku berada di Yaman?  Yah, pasti sudah tahu ceritanya berkalkali, hahaha.  Singkat cerita, aku perlu beberapa kaos kasual, dan aku memutuskan untuk bertanya pada suamiku apa dia punya beberapa kaos lama yang sudah tidak dipakai.

Aku mendapatkan beberapa kaos putih (padahal aku nggak suka kaos putih), dan dua kaos hitam.  mau pakai yang hitam ah...tapi sebelumnya, kayaknya seru kalau dipercantik dulu.

Karena kaosnya agak besar, pertama-tama harus dikecilin dulu dari samping, supaya lebih pas, dan ada pinggangnya sedikit.  Karena lehernya sedikit ketat, aku potong juga bagian 'kerah'nya.  Biar cocok sama lehernya, bagian lengan pun aku potong sedikit ujung-ujungnya.  Pas sudah dipakai, bagian-bagian yang dipotong ini agak menggulung sedikit, lucu dan modis.  


Berikutnya, buat beberapa pola dasar dari koran bekas, lalu coba-coba di T-shirtnya, pola seperti apa yang ingin dibentuk.  Aku memutuskan membuat pola dari lingkaran-lingkaran berbagai ukuran.

Main-main juga dengan benangnya.  Kalau kurang yakin hasilnya seperti apa, coba dulu merenda samplenya.  Semua benang yang kupakai untuk proyek ini adalah benang katun 100%, untuk menghindari aplikasinya mengkerutnya beda-beda waktu dicuci nanti. 


Mulai merenda, lalau sesudah selesai, pasang aplikasinya sesuai selera.  Aku memakai benang hitam untuk menjahit semuanya, kecuali yang putih. Untuk lingkaran yang paling besar, aku sengaja tidak menjahitnya berkeliling, karena aku mau memakainya sebagai kantong kecil.  Kalau ingin membuat kantong juga, pastinya aplikasinya dipasang di tempat yang enak dipakai, mungkin pasang polanya waktu t-shirtnya kita pakai.
Kaos 'baru'!!
kantong 'rahasia'
NB:  Tadinya suamiku agak kurang yakin pada hasilnya, tapi sesudah selesai dia suka juga.  Dan waktu dipakai untuk liburan ke Spanyol, banyak orang yang bertanya dan memuji, hehehe.  Sedikit kreativitas, warna (dan kenekadan) bisa menghasilkan sesuatu yang bagus, kan?

No comments: